Tips Memilih Bus Pariwisata Anti Boncos

Perjalanan wisata yang nyaman dan bebas repot adalah dambaan setiap wisatawan. Salah satu aspek yang sangat mempengaruhi ketika melakukan perjalanan adalah alat transportasi, apalagi jika Anda melakukan perjalanan secara berkelompok, tentu anda harus tahu tips memilih bus pariwisata agar perjalanan anda tidak terkendala.
Seperti yang kita ketahui, bus mempunyai image sebagai alat transportasi yang murah, aman dan nyaman. Baik untuk melakukan perjalanan jarak pendek, jarak jauh atau bahkan untuk melakukan perjalanan. Bahkan tidak jarang masyarakat perlu menyewa bus guna melakukan berbagai jenis aktivitas.

Selain harganya lebih murah, jumlah muatan yang bisa diangkut dengan bus juga lebih banyak. Untuk itu, selain untuk kepentingan pribadi, sewa bus murah juga biasa dilakukan untuk keperluan perusahaan. Itu sebabnya orang mencari sewa bus wisata terbaik. Sebelum salah langkah dalam memilih bus, cermati tips memilih bus pariwisata jika kamu ingin berwisata ke kota wisata seperti Jogja.

Tips Memilih Bus Pariwisata Tanpa Takut Kena Tipu

1. Rencanakan anggaran liburan Anda dengan seksama


Liburan memang menyenangkan, namun jangan lupa untuk merencanakan anggaran liburan Anda jika tidak ingin menguras dompet. Rencanakan segala sesuatunya mulai dari jenis transportasi, akomodasi, aktivitas, tujuan wisata, hingga oleh-oleh yang akan Anda beli.
Anggaran dapat menentukan rencana liburan dalam beberapa cara. Misalnya saja dalam menentukan jenis angkutan yang akan digunakan dan kelasnya. Jika ingin berhemat, kereta api, bus, atau penerbangan kelas ekonomi bisa jadi pilihan.

2. Pisahkan anggaran liburan Anda dari pengeluaran sehari-hari

Sebaiknya jangan gabungkan kedua anggaran ini jika tidak ingin kantong Anda terkuras. Pisahkan kedua anggaran ini karena mempunyai tujuan yang berbeda. Ingat! Usai liburan, kebutuhan sehari-hari masih perlu dipenuhi. Jadi mari kita pisahkan kedua anggaran tersebut.

3. Carilah diskon akomodasi dan transportasi.

Biasanya, menjelang liburan akhir tahun, diskon berlimpah dari penyedia akomodasi seperti hotel dan rental mobil. Hal yang sama berlaku untuk akomodasi seperti hotel atau wisma. Diskon bisa dimanfaatkan untuk menghemat anggaran liburan Anda. Sebaiknya akomodasi dipesan sebulan sebelum keberangkatan atau sebelum tanggal liburan. Sebab jika terlalu mepet akan dikenakan harga high season yang pastinya akan lebih mahal.

Sewa Bus Kota Jogja

Jika Anda ingin sewa bus jogja murah atau daerah lain, Anda tidak bisa melakukannya begitu saja. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih jasa sewa bus wisata. Berikut penjelasannya!

1. Pesan setidaknya seminggu atau sebulan sebelumnya

Pada dasarnya melakukan reservasi sangatlah penting jika Anda berniat menyewa bus untuk berbagai jenis keperluan. Hal ini agar Anda dapat yakin bahwa bus akan tersedia saat Anda membutuhkannya. Begitu juga jika Anda berniat menyewa bus saat peak season liburan. Sebab, saat itu jasa sewa bus wisata akan banyak diminati.
Jadi untuk mendapatkan kesempatan tersebut, pastikan Anda memesan lebih awal, baik seminggu atau sebulan sebelum rencana keberangkatan Anda. Selain itu, beberapa jasa sewa bus juga memerlukan reservasi sebelum keberangkatan.

2. Cek daftar harganya agar tidak melebih-lebihkan diri sendiri

Anda mungkin familiar dengan pepatah ada harga dan kualitas. Namun perlu dianalisa terlebih dahulu apakah harga yang mereka tawarkan tidak terlalu mahal. Caranya adalah dengan melihat seperti apa fasilitas dan layanan yang akan Anda dapatkan.
Agar terasa lebih nyaman saat bepergian, Anda bisa mencari fasilitas lengkap di dalam bus. Mulai dari AC, WiFi, charger, DVD bagasi, TV LCD, hingga kamar mandi bus. Jika ingin lebih premium, Anda bisa mencari rental bus mewah yang fasilitasnya lebih lengkap. Namun, pastikan Anda membayar dengan harga yang wajar. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak membayar harga sewa bus yang berlebihan.

3. Pilih yang kredibel dan profesional.

Penting juga bagi Anda untuk mempertimbangkan tingkat profesionalisme perusahaan penyedia jasa sewa bus wisata. Alasan utamanya adalah kejahatan selalu mengintai. Jasa penyewaan transportasi juga menjadi salah satu sasaran empuk berbagai jenis kejahatan. Untuk itu, sebaiknya Anda menganalisis dan melakukan pemeriksaan latar belakang saat memilih perusahaan. Pastikan Anda telah menyewa bus dari penyedia rental bus wisata yang kredibel dan terpercaya. Alasan utamanya adalah untuk mengurangi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan.

Leave a Comment